Thursday, November 10, 2011

Training ICT SEAMOLEC MULTI STUDIO - UNIV.MUSAMUS Merauke

Pada tanggal 1 November 2011, saya dan tim berangkat menuju Merauke untuk tujuan memberikan pelatihan ICT SEAMOLEC MULTI STUDIO Menggunakan WIRECAST selama 5 hari. Acara dilaksanakan di Universitas MUSAMUS- Merauke, dengan tim yang terdiri dari Bapak Timbul Pardede, Bapak Paul, Andreas, dan Sethirom Huon Serey. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa saya mempunyai kesempatan terbang ke daerah paling ujung timur Indonesia ini, keberangkatan kami dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta kurang lebih 3 jam menuju ke kota Makassar untuk transit selama 30 menit. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju kota Merauke selama kurang lebih 4jam, dan akhirnya Kami tiba di Kota tujuan yaitu kota Merauke.



Pak timbul dan pak Paul di bandara Mopah Merauke.



Andreas (saya) di bandara Mopah Merauke.



Pelatihan ICT SEAMOLEC MULTI STUDIO dihadiri oleh Dosen Universitas Musamus serta guru dari SMK di sekitar Merauke. Pembukaan Diawali dengan pemberian penghargaan kepada rektor Universitas Musamus oleh Bapak Paul.



Pemberian penghargaan kepada rektor Univ. Musamus oleh Bapak Paul



Foto Bersama dengan Peserta training di universitas Musamus



Setelah pembukan/peresmian Pelatihan ini di laksanakan, selanjutnya bBapak timbul mempresentasikan Profile SEAMOLEC serta pengantar dari Bapak Paul yang cukup menarik serta membuat peserta semakin bersemangat untuk mengikuti Pelatihan ini. Bapak Paul mengatakan bahwa Beliau ingin membuktikan bahwa orang-orang dari tanah Papua juga mampu berkarya serta bersaing dengan masyarakat Indonesia lainnya.



Bapak Timbul Pardede mempresentasikan Profile SEAMOLEC



Bapak Paul mempresentasikan materi Presentation Technique



Peserta training menyimak materi yang diberikan



Sangat luar biasa presentasi yang dibawakan oleh Bapak Timbul dan Bapak Paul, sehingga dapat menggugah semangat saya juga dalam melaksanakan training ini dan memajukan pendidikan di seluruh Indonesia. Akhirnya tibalah waktu saya dan partner saya Setirom Huon Serey, untuk memberikan materi Script writing, SEAMOLEC MULTI STUDIO , WIRECAST, serta produksi pembuatan video pembelajaran kepada para peserta training. Saya merasa sangat beruntung memiliki kesempatan untuk berbagi ilmu kepada bapak/ibu Dosen maupun Guru SMK disana. Sedikit Nervous juga, karena yang saya hadapi saat ini bukanlah Siswa SMK maupun Siswa SMA yang pernah saya ajar pada saat magang di SMU Negeri 3 Tangerang. Melainkan Bapak/Ibu Dosen yang ilmu pengetahuan serta pengalaman-nya jauh di atas saya.



Andreas (saya) mempresentasikan materi Script writing



Andreas (saya) mempresentasikan materi SEAMOLEC MULTI STUDIO
menggunakan wirecast



Setirom H. Serey mempraktekan software wirecast



Andreas dan Serey membantu Peserta Training
dalam pembuatan script writing dan penggunaan Wirecast



Melihat Bapak/ibu Dosen Musamus, serta guru –guru SMK sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini, saya sangat senang dan semakin bersemangat rasa nervous yang saya rasakan diawal sudah tidak terasa lagi. Bapak/ibu Dosen Musamus serta guru-guru SMK yang mengikuti pelatihan inipun akhirnya dapat mengerti dan memahami materi yang kami berikan, serta sudah dapat membuat video pembelajaran menggunakan wirecast yang di streaming-kan melalui account justin TV yang telah dibuat masing-masing oleh peserta pelatihan.

Pada akhirnya Kegiatan pelatihan ini ditutup dengan penyematan pin SEAMOLEC, serta pemberian sertifikat yang diwakilkan oleh salah satu peserta training.



Penyematan Pin oleh Bapak Alex rektor Univ. Musamus
kepada peserta training



Penyerahan sertifikat oleh Bapak Alex rektor Univ. Musamus
kepada peserta training



Foto bersama peserta training pada sesi penutupan



Pada Malam terakhir sebelum kembali ke Jakarta, Bapak Alex yaitu rektor universitas MUSAMUS-Merauke mengajak kami makan bersama, kami sangat senang beliau mau mengajak kami makan bersama, Pada akhirnya kami tiba di tempat makan yang dipilih oleh Bapak Alex, ternyata di tempat tersebut menyediakan Udang Bakar khas Merauke, yang selama 5 hari ini kami cari dan tidak kami temukan, kami merasa sangat beruntung pada hari terakhir dapat menemukan salah satu makanan khas Merauke ini.



Udang bakar Khas Merauke



Benar-benar pengalaman yang luar biasa dapat berkunjung dan berbagi ilmu pengetahuan ke Kota yang Indah ini, kota yang berada di ujung timur Negara Indonesia, dan pada akhirnya kami kembali ke kota Jakarta dengan perasaan senang dan cukup berbangga diri. Terimakasih kepada Seluruh Peserta training, serta seluruh keluarga besar Universitas MUSAMUS yang dapat menerima kedatangan kami dengan baik.

0 comments:

Post a Comment