Wednesday, November 9, 2011

Magang 1 SMAN 3 Tangerang

Setelah proses pengurusan tempat magang selesai, maka proses belajar mengajar dimulai.

Hari Sabtu, 17 September adalah magang pertama kalinya. Hal yang pertama muncul pada saat sampai di pintu gerbang sekolah adalah, gugup dan penasaran. Kira-kira tingkah laku murid yang akan diajar seperti apa, dan apakah saya dapat mengajar dengan baik.

Sesampainya di sekolah, saya dan anggota kelompok 15 menuju laboratorium computer dan bertemu dengan Bapak Benny, yang berperan sebagai guru TIK.

Saya dan teman-teman yang lain memperkenalkan diri kepada siswa dan memberikan gambaran materi yang akan kami ajarkan. Untuk magang selama enam kali pertemuan, kami akan mengajarkan mengenai pembuatan animasi 3D dengan menggunakan software Blender dan pembuatan game dengan menggunakan Java. Seluruh siswa sangat antusias dan tidak sabaran untuk segera mempelajari materi.

Kelas dibagi menjadi dua bagian, dan pelajaran dimulai dari pukul 08.00 s/d 13.00 WIB. Saya mengajar pada kelas yang kedua, yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai dari pukul 08.00 s/d 10.30. dan sesi kedua dimulai dari pukul 10.30 s/d 13.00 WIB.

Proses belajar mengajar dimulai dengan mengajarakan materi pembuatan animasi 3D dengan menggunakan software Blender. Sebelum memulai menggambar, siswa diberikan penjelasan mengenai arti animasi 3D, dengan menampilkan film 3D animasi yang dibuat dengan menggunakan software Blender. Hal ini dilakukan agar siswa dapat mengerti tujuan akhir dari pembelajaran animasi 3D.

Pemberian materi kepada siswa-siswi SMAN 3 Tangerang
oleh andreas



EKa S. Sinambela membimbing siswa-siswi SMAN 3 Tangerang



Materi yang diajarkan pada pertemuan pertama adalah mengenai:
  • Pengenalan software Blender
  • Mode translasi, rotasi, dan skala
  • Pemahaman mengenai Object mode dan edit mode
  • Penambahan objek baru
  • Pemotongan objek dengan menggunakan fungsi cut
  • Pemanjangan objek dengan menggunakan extrude

Dengan penuh kesabaran dan mengajarkan dengan keikhlasan, pada akhirnya siswa menghasilkan karya pertama mereka, seperti pada gambar dibawah ini,


Hasil karya Pertama salah satu siswa SMAN 3 Tangerang

0 comments:

Post a Comment