Sunday, October 23, 2011

Installasi Android

Android merupakan sistem operasi berbasiskan Java dan bekerja berdasarkan Linux Kernel 2.6. Aplikasi pada Android dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java sehingga para programmer Java akan lebih mudah untuk mengembangkan aplikasi pada platform ini. Fitur lain yang terdapat pada Android adalah akselerasi pada engine grafis 3D, dukungan fitur untuk database dengan SQL, serta integrasi dengan web browser.

Tampilan Layar Utama Android pada Emulator


Jika sudah terbiasa dengan bahasa pemrograman Java, maka pengembangan program pada user interface (UI) akan terasa lebih menyenangkan,pengaturan untuk UI ditangani tanpa menggunakan kode pemrograman dengan menggunakan XML untuk tampilan UI,walaupun para pengembang dapat juga melakukan pengaturan UI menggunakan kode pemrograman.

Keunggulan lain dari SDK Android adalah libraries yang telah disempurnakan dan disediakan untuk para pengembang. Fitur menarik lainnya dari pengembangan aplikasi Android adalah kita dapat mengakses apapun dari sistem operasi yang telah kita akses sebelumnya. Jika ingin membuat sebuah aplikasi phone dials, panggil akses ke phone’s dialer, jika ingin membuat sebuah aplikasi utility GPS internal telepon, dapat mengaksesnya secara langsung.

Android SDK
SDK Android merupakan sebuah package yang berupa plugin untuk IDE dan didalamnya terdapat berbagai file dan tool untuk pembuatan sebuah aplikasi yang dijalankan pada Android.

Pada SDK Android juga terdapat sebuah library yang digunakan untuk menghubungkan aplikasi dengan aplikasi utama Android yang berhubungan dengan fungsi pada ponsel (melakukan panggilan telepon dan menerima panggilan telepon), fungsi pada GPS, dan SMS.

Dokumentasi SDK Android
Dokumentasi SDK teradapat pada folder Docs didalam SDK yaitu berada pada ../%sdk folder%/docs Dokumentasi SDK ini disediakan tentang tahapan download dan install SDK dan cara cepat untuk mengembangkan aplikasi serta penjelasan tentang package.

Dokumentasi ini berupa file (.html) atau dalam bentuk format HTML dan dapat di akses melalui documentation.html pada root folder SDK, berikut tampilan halaman documentation.html:

Tampilan halaman documentation.html

Link yang tersedia di halaman tersebut dapat digunakan untuk melakukan navigasi ke halaman lain pada dokumentasi Android.


Contoh Aplikasi
Folder Android Samples yang berada pada ../%sdk folder%/SAMPLES,didalamnya terdapat beberapa aplikasi demo yang merupakan contoh yang mewakili keseluruhan fungsi Android, diantaranya:
  • API Demo,
  • Hello, Activity,
  • Lunar Lander,
  • Notepad,
  • Skeleton App,
  • Snake, dll

Contoh aplikasi ini yang tersedia dari Developer Android sebagai acuan dalam mengembangkan aplikasi Android.

Instalasi Android
Sebelum kita dapat mulai membuat program Android akan dibahas persiapan yang harus dilakukan, meliputi instalasi Java, Eclipse, dan Android Software Development Kit.
  • Instalasi Java Development Kit
    Sebelum melakukan instalasi Eclipse, software yang kita gunakan untuk membuat sebuah aplikasi Android, JRE (Java Runtime Environment) dan JDK (Java Development Kit) harus terinstalasi pada komputer yang akan digunakan, karena Eclipse adalah aplikasi yang berjalan di atas Java. Untuk mengunduh JDK, kunjungi alamat: http://www.oracle.com/technetwork/indexes/downloads/index.html.
  • Tampilan halaman website Oracle
    Pada halaman ini pilih download JDK yang satu bundle (paket) dengan JRE. Pada halaman SDN download, pilih JDK yang disediakan pada page dowload di situs Oracle kemudian download sesuai dengan kebutuhan sistem.
    Pilihan fitur pada JDK ketika di jalankan
    Tampilan di atas merupakan jendela pilihan untuk mengatur fitur pada JDK yang akan diinstall, klik next untuk melanjutkan. Setelah proses instalasi JDK selesai, akan tampil dialog “Destination Setup JRE” untuk instalasi JRE. Tekan next jika telah selesai mengatur lokasi instalasi JRE.
    Tampilan Java Setup - Destination Folder
    Tunggu proses instalasi selesai, kemudian akan tampil dialog Instalasi Complate seperti pada gambar di bawah ini:
    Tampilan instalasi selesai
  • Instalasi Eclipse
    Ada beberapa alasan kenapa menggunakan Eclipse untuk pemrograman Android yakni:
    - Free (Bebas digunakan).
    - Terdapat IDE Java didalamnya.
    - Mudah digunakan.
    - Terbuka untuk para programmer pengembang program Java.
    - Open Handset Alliance menyediakan plugin Andriod untuk Eclipse untuk membuat project yang spesifik, melakukan compile, dan menggunakan Android emulator untuk menjalankannya.

    Installer Eclipse dapat diunduh melalui: “http://www.eclipse.org/download”
    - Buka aplikasi browser pada computer,
    - Ketikan alamat di atas http://www.eclipse.org/downloads


    Halaman web download Eclipse


    Pilih kategori Eclipse dan downloadfile installer Eclipse sesuai dengan kebutuhan sistem operasi pada komputer, serta simpan package Eclipse pada directory yang diinginkan untuk tempat menyimpan file installer , dan tunggu proses download selesai.
    - Setelah proses download Eclipse selesasi, buka directory tempat file Eclipse yang telah di download, kemudian extract package installer Eclipse yang berekstensi (.zip).
    - Buka folder hasil dari extract tadi dan jalankan Eclipse.exe untuk menjalankan Eclipse.


    Splash screen Eclipse pada saat startup

    - Selanjutnya akan tampil kotak dialog Workspace Launcher, yang berguna untuk mengatur tempat/lokasi workpspaceproject Eclipse seperti pada gambar 5.7.

    Dialog workspace Launcher
  • Instalasi Android SDK
    Pada pembahasan di atas kita telah membahas tentang download dan instalasi primary development environment. Development environment sudah siap untuk digunakan untuk mengembangkan aplikasi Java menggunakan Eclipse dan Netbeans sebagi IDE.Tetapi ada beberapa konfigurasi tambahan yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi Android.

    Untuk mengembangkan aplikasi Android, beberapalibrarytambahan untuk Eclipse dan Netbeans diperlukan.Untuk membuat project Android sebelumnya harus memiliki SDK dan melakukan instalasi pada Eclipse dan Netbeans.Silahkan mengunduhAndroid SDK dari website resmi Android: http://developer.android.com/sdk/index.html.
  • Instalasi SDK Android pada Eclipse
    Untuk melakukan downloaddan install berikut cara download dan Install SDK Android:
    - Buka aplikasi Eclipse.
    - Klik Help>Software Update>Find and Installuntuk versi Ganymede.
    - Klik Help>Install New Software>Add untuk versi Galileo.
    - Pada jendela SoftwareUpdate atau UpdateInstall, pada vesi Ganymede akan muncul pilihan “Manage Sites” dan “Add Sites, kemudian pilih Add Sites untuk membuat Sites atau source baru” seperti pada gambar di bawah ini:

    Jendela Software Update and Add-ons

    - Sedangkan untuk versi Galileo akan tampil dialog install, untuk mengunduh Android plugin, tekan tombol new remote site.
    - Pada tampilan berikutnya terdapat sebuah jendela dialog untuk mengisikan Field URL dengan https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/. Atau download file ADT dan memanggilnya menggunakan menu “Archive”. yang Kemudian klik OK,Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

    Jendela New Update Site

    - Selanjutnya pada jendela available software terdapat list baru dengan berupa site baru dengan nama Android Plugin.

    List baru pada jendela Update site to visit

    - Berikan tanda cek pada Android Plugin kemudian klik install.
    - Kemudian akan tampil jendela Install, pada jendela ini berikan tanda cek pada item yang dibutuhkan Android, seperti pada gambar 6.4 dibawah ini:

    Kotak dialog Install

    - Selanjutnya akan tampil kotak dialog license agreement, klik “I accept the term of the license agrements” kemudian klik tombol finish, lihat gambar 6.5 di bawah ini:

    Kotak dialog ReviewLicense

    - Setelah instalasi plugin selesai, selanjutnya akan dibahas konfigurasi plugin pada Eclipse.
  • Konfigurasi Plugin pada Eclipse
    Setelah selesai memasukkan atau memasang plugin pada Eclipse, akan muncul pemberitahuan dan diminta untuk melakukan restart aplikasi Eclipse. Jika tidak ada pemberitahuan maka lakukan restart aplikasi segera. Melakukan restartakan membuat aplikasi Eclipse diberikan kesempatan untuk melakukan inisialisasi dan meyakinkan bahwa program tersebut telah mendapat pemasangan plugin Android.Plugin Android untuk Eclipse di konfigurasi melalui jendela preference Eclipse.Tahapan melakukan konfigurasi adalah sebagai berikut:
    - Pada layar utama tampilan jendela Eclipse pilih menu Window > Preference.
    - Selanjutnya tampil jendela Preference, klik Android pada menu sebelah kiri, kemudian pada sebelah kanan klik browse, lihat gambar di bawah ini :

    Kotak dialog Preference

    Pada tahap ini Eclipse mencari lokasi SDK untuk menjalankan emulator sebagai media aplikasi Android yang akan dibuat, kemudian klik Apply.
    - Pada tahap terakhir pada setingan SDK, yaitu pada PATH statement. Jika menggunakan windows lakukan langkah berikut : klik kanan pada my computer, plilh properties untuk membuka kotak dialog pada system properties, kemudian klik pada advance tab.
    - Klik pada environmentvariables untuk menampilkan jendela environment variables, seperti terlihat pada gambar dibawah ini, untuk merubah PATH statement

    Environment Variables

    - Pada bagian bawah System Variables, carivariable PATH kemudian klik ganda.
    - Pada kotak dialog EditSystemVariables, masukkan lokasi Android SDK lalu klik OK. Kemudian klik OK lagi pada jendela Environment Variables.

    Setting Path
  • Android Virtual Device (AVD) pada SDK
    Agar emulator yang telah di-setting dapat digunakan ketika aplikasi dijalankan, dibutuhkan sebuah Virtual Device pada SDK Android. Untuk membuat AVD ini kita dapat membuat melalui Eclipse, Netbeans maupun langsung membuka folder SDK tersebut dan menjalankan SDK Setup.
    - Setelah “Android and AVD Manager” tampil, pilihVirtual Devices seperti pada gambar 6.14 di bawah ini:

    Jendela Android SDK and AVD Manager.

    - Kemudian untuk membuat AVD baru, dapat dipilih button “New”. Selanjutnya akan tampil Dialog Create New AVD.

    Dialog Create New AVD.

    - Selanjutnya, berikan nama AVD, pilih target API-Android yang tersedia dan field lainnya, setelah itu tekan tombol “Create AVD”. Dengan demikianAndroid Virtual Device pun telah dapat digunakan oleh Eclipse

0 comments:

Post a Comment